Bengkulu Utara – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arga Makmur terus meningkatkan fasilitas dan layanan kesehatan. Saat ini, RSUD Arga Makmur telah memiliki alat CT Scan yang siap beroperasi. Kepada media pada Jum’at (22/09/2023), Direktur RSUD Arga Makmur, dr. Hj. Herawati, Sp.Pk menjelaskan bahwa CT Scan termasuk salah satu pemeriksaan penunjang paling cepat dan paling akurat. Sehingga, pelayanan kesehatan di RSUD Arga Makmur bertambah satu langkah lebih maju dan ke depan dapat memenuhi semua keinginan masyarakat.

Bahkan, Direktur RSUD Arga Makmur, dr. Hj. Herawati, Sp.Pk, menyatakan bagi yang ingin memeriksakan diri menggunakan alat tersebut berkaitan dengan penyakit seperti stroke, tumor, maupun kecelakaan lalu lintas bisa menggunakan BPJS.

“Silahkan masyarakat memanfaatkan pelayanan kesehatan untuk CT Scan yang ada di rumah sakit ini sesuai dengan prosedur. Baik pasien umum maupun Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), semuanya ada prosedurnya,” urainya.

Dengan adanya penambahan alat kesehatan tersebut, Direktur RSUD Arga Makmur berharap ke depan, masyarakat tidak perlu lagi melakukan rujukan ke rumah sakit lain.

“Kami berharap dengan adanya layanan CT Scan di RSUD Arga Makmur akan meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat khususnya di Kabupaten Bengkulu Utara. Sehingga masyarakat terlayani dengan baik,” ucap Direktur RSUD Arga Makmur.

Direktur RSUD Arga Makmur juga menyampaikan bahwa dengan adanya alat CT Scan ini merupakan salah satu wujud komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara dalam upaya mendukung terselenggaranya pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat.

“Ini menunjukan upaya Pemkab Bengkulu Utara untuk terus melengkapi kebutuhan pelayanan yang memadai di RSUD yang ada di Bengkulu Utara,” tuturnya.

Selanjutnya, Direktur RSUD Arga Makmur juga menjelaskan Keunggulan Pemeriksaan dengan CT Scan.

“Kalau dibandingkan dengan metode pemeriksaan lainnya seperti rontgen, sejumlah keunggulan dari CT Scan adalah mendapatkan hasil dengan cepat, dapat mencakup pemeriksaan organ tertentu atau seluruh tubuh dalam satu pemeriksaan, mendukung penegakan diagnosis dokter, hasil pencitraan lebih jelas dan spesifik, biayanya relatif lebih murah dan dapat digunakan untuk memastikan tindakan medis selanjutnya,” jelas Herawati.

Untuk diketahui, Computed Tomography Scan (CT Scan) adalah prosedur pemeriksaan yang memanfaatkan teknologi komputer khusus dan sinar-X untuk melihat jaringan dan struktur di dalam tubuh melalui berbagai sudut.

Dibandingkan dengan rontgen biasa, gambar yang akan dihasilkan oleh CT Scan akan lebih detail. Melalui hasil prosedur ini, dokter dapat melakukan analisis secara mendalam mengenai kondisi jaringan lunak, pembuluh darah, dan tulang. Beberapa tipe pasien yang membutuhkan prosedur pemeriksaan CT Scan adalah Pasien yang mengalami cedera kepala karena kecelakaan, pasien yang mengalami gejala akut pada bagian organ tertentu misalnya nyeri pada perut, atau nyeri dada hingga sesak napas., pasien yang dicurigai memiliki tumor atau kanker. Dalam hal ini, CT Scan adalah prosedur yang dapat dilakukan untuk memastikan lokasi, ukuran, serta penyebaran tumor dalam tubuh dan pasien yang memerlukan pemeriksaan untuk mendiagnosis, mendeteksi, dan menentukan penanganan yang tepat pada penyakit pembuluh darah, misalnya aneurisma aorta atau emboli paru.

Keunggulan Pemeriksaan CT Scan jika dibandingkan dengan metode pemeriksaan lainnya seperti rontgen adalah mendapatkan hasil dengan cepat, dapat mencakup pemeriksaan organ tertentu atau seluruh tubuh dalam satu pemeriksaan, mendukung penegakan diagnosis, hasil pencitraan lebih jelas dan spesifik, biayanya relatif lebih murah dan DAPAT digunakan untuk memastikan tindakan medis selanjutnya.

Selain itu, beberapa fungsi CT Scan adalah sebagai berikut, menentukan ukuran dan letak tumor, memastikan lokasi infeksi dan pembekuan darah, menunjang penegakan diagnosis kelainan tulang, sendi, dan otot, menentukan prosedur medis lanjutan, seperti operasi, biopsi, atau terapi radiasi, mendeteksi sekaligus memantau perkembangan kondisi tertentu, seperti kelainan jantung atau kanker dan menemukan lokasi cedera dan pendarahan internal. (Adv)