Bengkulu Utara – Desa wisata Rama Agung kembali masuk 10 besar lomba desa wisata tingkat provinsi. Jika tahun 2021, Desa Wisata Rama Agung masuk enam besar, maka diharapkan tahun ini ada perbaikan peringkat dan bahkan juara untuk mewakili Provinsi Bengkulu. Hal ini disampaikan oleh Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Rama Agung, Yonas Wahyudi pada Selasa, (1/1/2022).

“Harapan kami adalah ada perbaikan peringkat di tahun ini, sehingga kami makin termotivasi meningkatkan kualitas dan layanan wisata yang ada di Desa Rama Agung,” ujar Yonas.

Menurut Yonas, arahan Kepala Dinas Pariwisata, Hendri Kisinjer, SE, MM yang menyatakan agar Desa Wisata dapat memenuhi semua kriteria penilaian lomba desa wisata yakni terkait kelembagaan, legalitas, sarana prasarana utama desa wisata, sarana penunjang dan pelaksanaan event di desa wisata telah dilaksanakan.

“Semua arahan Kadispar Bengkulu Utara telah dijalankan dengan sebaik-baiknya. Mudah-mudahan dewan juri yang telah mendengarkan pemaparan kami dan juga telah turun kelapangan untuk cek lapangan dapat memberikan penilaian yang objektif,” ujarnya.

Selanjutnya Ketua Pokdarwis Rama Agung menyatakan bahwa sejauh ini Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara dan Dinas Pariwisata sangat mendukung pengembangan Desa Wisata Rama Agung.

“Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara sangat mendukung pengembangan Desa Wisata Rama Agung, berupa perbaikan sarana dan prasarana wisata dan dukungan lainnya,” jelasnya.

Selain itu, pihak desa pun sangat fokus dengan pengembangan wisata. Salah satunya adalah dibentuknya Badan Usaha Milik Desa (BUM Des) untuk membangun kemandirian wisata di Desa Rama Agung.

Konsepnya, dengan adanya potensi desa wisata, BUMDes berencana akan melakukan kerjasama usaha kepada destinasi wisata yang ada di Desa Rama Agung dengan menjadikan BUMDes sebagai badan usaha yang membiayai kegiatan wisata yang ada di Desa Rama Agung.

Meskipun demikian, menurut Ketua Pokdarwis, masih banyak yang perlu dibenahi terkait pengelolaan BUMDes yang ada di Desa Rama Agung terkait usaha yang dapat meningkatkan potensi peningkatan ekonomi desa. Mereka berharap, dengan adanya destinasi wisata, BUMDes Desa Rama Agung dapat berkembang dan mensejahterakan masyarakat.

 

Kepada media, Kadis Pariwisata Bengkulu Utara, Hendri Kinjer, SE, MM sangat mengapresiasi usaha yang dilakukan oleh perangkat desa dan Pokdarwis Desa Rama Agung untuk mengembangkan objek wisata yang ada di desa tersebut.

“Kita sangat mengapresiasi kerja keras perangkat desa dan Pokdarwis desa Rama Agung yang terus mengembangkan potensi wisata di desanya. Semoga saja Desa Rama Agung bisa menjadi juara tingkat Provinsi Bengkulu tahun ini,” harap Hendri. (Adv)