Transparansi realisasi program Dana Desa (DD), kian ditunjukan Pemerintah Desa Retes Kecamatan Air Padang. Dipimpin Hasan selaku kepala desa (kades), masyarakat setempat diberi ruang untuk bersama-sama mendukung program pembangunan desa. Termasuk mengawasi dan terlibat langsung dalam pelaksanaan program.

Ketua BPD Retes, Muksin turut memastikan pelaksanaan program dana desa telah berjalan dengan baik. Ia juga memastikan, pihaknya konsisten mengawasi setiap kegiatan yang didanai oleh pemerintah pusat itu.

Tentu Pemerintah Desa Retes khususnya kepala desa harus dewasa, jika menerima kritik. Meskipun optimalisasi program dana desa dan tanggungjawab di sector pemerintahan, sudah dilaksanakan dengan baik,” kata Muksin.

Disinggung soal kegiatan fisik berupa rabat beton yang dituding bermasalah? Muksin memastikan, kegiatan tersebut sesuai dengan spesifikasi dan aturan. Kepastian ini, sambung dia atas dasar pengamatan dan pengawasan yang dilakukan lembaga BPD bersama masyarakat.

Untuk kegiatan rabat beton, tentu sudah melalui perencanaan. Regulasi yang mengikat tentang kegiatan dana desa, pastinya menjadi acuan pemerintah desa. Tentang kondisi dan kendala dilapangan, kami pun memaklumi. Yang jelas menurut kami, kegiatan dana desa telah dilaksanakan dengan baik” sampainya.

Edi, mewakili warga setempat turut mengamini jika Pemerintah Desa Retes sangat terbuka dalam menjalankan program. Termasuk keterlibatan masyarakat dalam pekerjaan kegiatan dana desa.

Untuk kegiatan dana desa, dari segi kualitas, saya lihat cukup baik. Ya kalau ada kekurangan dalam kegiatan itu, tentu itu pasti ada. Namun indikator kekurangan bisa saja datang dari alam dan kami masyarakat memaklumi,” imbuhnya.

Terpisah Kepala Desa Retes, saat dikonfirmasi pada Sabtu November 4/11, Hasan memastikan pelaksanaan program dana desa akan dilaksanakan secara maksimal.

Untuk kegiatan fisik tahun ini jika ada kekurangan, mohon disampaikan. Tentu akan kami perbaiki. Yang jelas, aturan sangat kami pegang teguh dalam menjalankan tugas. Khususnya merealisasikan program dana desa demi suksesi pembangunan desa”ungkapnya. (cp)

Baca Juga:  Lukas Enembe ditahan KPK