MANUVER – Sebanyak 15 pasang finalis telah siap bersaing untuk meraih gelar prestisius Putera Puteri Maritim Bengkulu 2024. Acara yang diadakan malam ini, Rabu (28/02), di Balai Raya Semarak Bengkulu, menandai awal dari kompetisi yang ketat dan penuh semangat ini. Malam Grand Final ini menjadi momen penting sebelum keputusan akhir diumumkan pada Kamis (29/02) malam di ballroom salah satu hotel di kawasan Anggut Bawah, Kota Bengkulu.

Asisten III Setda Provinsi Bengkulu, Nandar Munadi, menyambut acara tersebut dengan penuh antusiasme. “Tentu 15 pasang ini merupakan orang-orang pilihan, semuanya punya potensi dan keunggulan masing-masing. Ini adalah ajang kesempatan untuk menunjukkan kemampuan terbaik, yang kemudian bisa menjadi modal awal untuk menggapai cita-cita,” jelasnya saat membuka Malam Mengelok Pukek/Ramah Tamah bersama Finalis Putera Puteri Maritim Bengkulu 2024.

Munadi juga menegaskan bahwa pemilihan Putera Puteri Maritim Bengkulu merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu dan Lanal Bengkulu. Acara ini bukan hanya sekadar kontes kecantikan, tetapi juga sebagai wadah untuk mengembangkan potensi para finalis serta mempromosikan pariwisata Bahari Bengkulu. Bengkulu, yang dikenal sebagai Bumi Rafflesia, memiliki beragam potensi wisata bahari, termasuk hasil laut yang melimpah serta budidaya perikanan yang berkembang pesat.

“Para finalis Putera Puteri Maritim Bengkulu diarahkan untuk berkontribusi dan berperan aktif dalam mempromosikan Bengkulu ke mata nasional bahkan internasional, khususnya terkait sektor wisata, kearifan lokal, dan potensi maritim daerah,” tambah Munadi.

Lebih lanjut, pasangan yang berhasil meraih juara akan mendapatkan kesempatan untuk mewakili Bengkulu dalam ajang Pemilihan Putera Puteri Maritim tingkat Nasional tahun 2024. Hal ini menunjukkan betapa seriusnya pemerintah daerah dalam mengeksplorasi dan memanfaatkan potensi maritim yang dimiliki Bengkulu.

Sebelumnya, proses seleksi untuk memilih finalis Putera Puteri Maritim Bengkulu 2024 telah menarik antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Sebanyak 200 peserta telah mendaftar dan mengikuti seleksi awal yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu beberapa pekan yang lalu. Ini menunjukkan minat yang besar dari generasi muda dalam berperan aktif dalam mengembangkan potensi maritim daerah mereka. (Rls)