Jakarta – Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga bersama Sekretaris Jenderal Kementerian Perladangan dan Komoditi Malaysia, Dato’ Haji Mad Zaidi Bin Mohd Karli dan perwakilan Solidaridad Asia, Shatadru Chattopadhayay melakukan konferensi pers tentang Misi Bersama Dewan Negara-Negara Produsen Minyak Kelapa Sawit di Mumbai, India, Rabu (27 Sep).

Wamendag Jerry menyampaikan bahwa Misi Bersama ini diharapkan dapat menjalin komunikasi dan kolaborasi yang baik antara negara-negara produsen minyak kelapa sawit dengan negara konsumen minyak sawit, khususnya India.

Misi Bersama juga bertujuan untuk meluruskan kampanye negatif yang dilancarkan oleh negara-negara maju, seperti Uni Eropa.

Baru-baru ini, kebijakan European Union Deforestation-free Regulation (EUDR) yang diterapkan oleh Uni Eropa berpotensi menghambat ekspor produk sawit ke pasar Eropa. Terkait hal ini, Wamendag Jerry menyampaikan peran penting Satuan Tugas Bersama (Joint Task Force) antara Indonesia, Malaysia, dan Uni Eropa dalam membantu menyelesaikan permasalahan komoditas secara inklusif, transparan, objektif dan adil. (Red)