Jakarta – Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga menjadi narasumber pada gelar wicara dalam acara Sampoerna Festival UMKM 2.0 yang diselenggarakan di Sampoerna Strategic Square, Jakarta, Kamis (24 Agt). Gelar wicara tersebut mengangkat tema “Tantangan dan Peluang Digitalisasi Bagi UMKM Memasuki Ekspor di Era E-commerce”.

Wamendag menjelaskan bahwa UMKM memiliki kontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sebanyak 65,46 juta UMKM Indonesia telah berkontribusi sebesar 60 persen terhadap produk domestik bruto (PDB).

Sejak pandemi Covid-19, UMKM mulai beralih menggunakan berbagai sarana digital untuk melakukan transaksi dan memasarkan produknya. Fasilitas pemasaran produk dan promosi, keamanan transaksi, serta kemudahan penggunaan menjadi alasan utama UMKM untuk memasarkan produknya melalui lokapasar (marketplace).

Wamendag mengatakan, Kemendag siap memfasilitasi para UMKM yang melakukan ekspor ke luar negeri. Kemendag juga mempunyai perwakilan dagang di 45 negara yang dapat dimanfaatkan pelaku UMKM untuk mempromosikan produk-produknya. (Red)