Jakarta – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin menghadiri Haul ke-18 KH Muhammad Zaini Abdul Ghani (Abah Guru Sekumpul) di kediaman Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor, Kabupaten Banjar, Kamis malam.

Wapres tiba di lokasi acara pukul 21.00 WITA, didampingi juru bicara Wapres Masduki Baidlowi dan sejumlah pejabat Sekretariat Wakil Presiden.

Acara haul yang dihadiri ribuan jamaah ini, diawali dengan Shalat Isya berjamaah, serta pembacaan ayat suci Al Quran.

Lalu acara haul diisi dengan sambutan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, penyampaian manaqib atau pembacaan riwayat hidup Abah Guru Sekumpul oleh KH M Wildan Salman, serta sambutan oleh Wapres Ma’ruf Amin.

Dalam sambutannya, Wapres menyampaikan bahwa KH Muhammad Zaini Abdul Ghani atau yang dikenal dengan Abah Guru Sekumpul merupakan orang saleh.

“Kita bersyukur bisa hadir pada haul beliau. Semoga saja kita dapat keberkahan-keberkahan, karena beliau adalah ulama dan orang saleh,” kata Wapres.

Wapres menyampaikan orang saleh memberikan keberkahan bukan hanya lewat hidupnya, tapi juga sesudah wafatnya.

“Kita disuruh menziarahi bukan hanya waktu hidupnya, tapi juga setelah wafat,” ujar Wapres.

KH Muhammad Zaini Abdul Ghani (Abah Guru Sekumpul) lahir di Martapura, Banjar, Kalsel 11 Februari 1942 dan wafat 10 Agustus 2005, adalah salah seorang ulama kharismatik dan berpengaruh dari Kalsel.

Abah Guru Sekumpul merupakan keturunan ke-8 dari ulama besar Tanah Banjar Maulana Syekh Muhammad Arsyad bin Abdullah Al-Banjari.

Sebelumnya, sedikitnya 45 dapur umum menyediakan konsumsi bagi jamaah haul ke-18 Syech Muhammad Zaini bin Abdul Ghani, di Kampung Keramat, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar.

Kapolres Hulu Sungai Utara (HSU) AKBP Moch Isharyadi F telah memerintahkan jajarannya untuk tidak lengah menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang dan selama pelaksanaan haul.

Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo menyampaikan pihaknya sudah menyiapkan pengamanan sesuai standar operasional prosedur (SOP) bersama Paspampres untuk menjaga keamanan selama kedatangan Wapres. (Ant)